Selasa, 08 November 2016

Review Ban Michelin Pilot Street untuk Supra X 125 FI Part 1

Hai . . .

Sudah lama sekali saya ga ngeblog nih, dan setelah sekitar 2 tahun akhirnya bisa sharing-sharing lagi. Untuk kali ini saya cuma ingin sharing yang ringan-ringan aja kok. Yaitu review ban Michelin Pilot Street untuk si Supri yang usianya baru satu tahun tapi udah jalan 20.000 km aja. Karena si Supri sering saya ajak bolak – balik Klaten Jogja sih. Karena itu ban udah agak gundul, apalagi yang roda belakang. Akhirnya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara, minggu kemarin saya jalan – jalan cari toko ban di Klaten. Dan kebetulan bapak punya langganan toko ban di samping GKJ Delanggu. Yaudah saya kesana sekalian mau compare dengan P*anet Ban yang direkomendasiin temen – temen.

Sebelumnya saya sudah tanya – tanya ke beberapa forum seperti kaskus dan cari informasi mengenai ban di internet. Akhirnya saya kepincut dengan merk F*R yang XR Evo karena banyak yang testi tentang ban ini kalau termasuk dalam ban dengan medium compound tapi lebih ke soft. Jadi ini ban pasti ngegrip abis. Tapi ternyata compund yang lunak berdampak pada usia ban yang pendek. Sehingga lama kelamaan ban akan jadi mudah slip terutama pada saat hujan. Selain merk itu saya juga melirik merk Perancis yaitu Michelin yang merupakan merk ban yang digunakan dalam ajang motoGP tahun 2016 ini. Meskipun masih dibawah Battlax nya Bridgestone sih (ya iyalah harganya aja ga ada separonya).

Setelah menetukan kualitas dan harga yang sesuai dana, saya putuskan memilih Michelin Pilot Street. Sebenernya saya ingin cari yang ukuran 90/80 – 17 buat yang belakang, biar nikung lebih enak aja. Tapi ternyata ditokonya cuma ada yang ukuran standar yang 80/90 – 17. Yaudah lah saya pilih yang ini saja daripada ga jadi beli. Untuk ban depan kayaknya belum ganti aja deh, soalnya masih lumayan alurnya plus duit juga mepet. Oiya saya baru kali ini pakai ban tubeless, jadi saya putuskan buat nyoba ban tubeless ini. Dan ternyata untuk Michelin Pilot Street ini adalah ban bertipe TL/TT yaitu bisa jadi ban tubeless dan tubetype. Dan saya kaget ternyata harganya 300rb, 10rb lebih murah dari harga yang banyak tertera di internet. Dan ternyata disini juga gratis isi nitrogen plus gratis pemasangan. Padahal di P*anet Ban katanya masang ada biaya lagi, wah lumayan nih bisa dapet yang murah plus dekat rumah lagi.


Total saya bayar 305rb plus pentil tubeless. Saya ga tertarik dengan lem yang katanya dapat mengatasi ban bocor. Toh kalau kena paku besar pasti bocor juga dan ternyata lem ini berdampak pada pentil yang sering tersumbat. Masak tiap kali isi angin harus ganti pentil kan gak lucu. Dan selain itu katanya lem ini bisa bikin korosi di velg dan harganya lumayan mahal juga lagi. Setelah dipasang ternyata ban ini dibandingkan dengan standar bawaan dengan ukuran yang sama, ban Michelin terlihat lebih kecil. Tapi masih aman kok.


Akhirnya setelah semuanya beres, saya pulang karena udah mau hujan juga. Segini aja ya bro ceritanya. Tunggu aja part selanjutnya buat review ban Michelin ini. Kalau udah beberapa ribu kilometer bakalan saya sharing pengalaman mengenai ban ini. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar